Rabu, 26 Januari 2011

QR Code



bismillah,


Pernahkan melihat gambar seperti disamping?? Pertama kali saya lihat gambar seperti itu di sebuah surat kabar harian. Tapi saya lupa apa nama surat kabar harian tersebut. Namun dari informasi yang saya peroleh, pertama kali yang memperkenalkan bentuk kode seperti gambar tersebut di Indonesia adalah Kompas. Dan sekarang saya melihat surat kabar harian Kedaulatan Rakyat-pun juga menggunakannya.

Awalnya saya kurang begitu tau apa arti kode tersebut. Jangankan tau artinya, nama kode tersebut saja saya tidak tau. Kita lebih familiar dengan barcode (UPC Barcode) yang telah sering dipakai diberbagai media. Dan ternyata kode tersebut baru saya tau bernama QR Code saat saya menemukannya lagi di http://bit.ly/. QR Code pertama kali diperkenalkan kalau tidak salah pada tahun 1994.


Disini saya tidak akan menjelaskan mengenai apa itu QR Code dan bagaimana cara kerjanya. Silahkan baca detailnya di Wikipedia atau website-website lain yang membahasnya. Saya hanya akan berbagi informasi tentang QR Code yang baru saja saya coba.

Setelah saya "berjalan-jalan" di dunia maya saya mendapatkan informasi bagaimana kita membaca QR Code tersebut. Dan menariknya bisa menggunakan Hand Phone. Banyak pilihan aplikasinya. silahkan berkunjung ke http://www.mobile-barcodes.com/qr-code-software/. Pertama kali saya memilih http://www.lynkee.com/tryitnow.htm. disana ada pilihan merek HP dan nantinya juga ditampilkan tipe HP yang didukung.

Dikarenakan HP saya tidak berkamera, maka saya berinisiatif meminjam HP teman seri E63 Nokia. Setelah didownload dan install, kemudian saya coba. Simple sekali. Saat dijalankan aplikasi tersebut nampak seperti saat kita menggunakan kamera. Tinggal arahkan ke QR Code dan dengan cepat diterjemahkan. Jika QR Code tersebut berisi URL, maka langsung ditawarkan akan memulai browsing ke URL tersebut atau tidak. Jika iya, maka browser HP langsung membuka alamat yang tercantum tanpa mengetikkan URL.

Saya kemudian "jalan-jalan" lagi dan menemukan bagaimana kita bisa membuatnya. Dan ternyata QR Code bisa berisi Link website, Text (250 karakter), Nomer Telepon, dan SMS. pengen buat?? kunjungi http://qrcode.kaywa.com/ atau http://www.i-nigma.com/CreateBarcodes.html (lebih lengkap). Dan masih banyak lagi web yang menyediakan fasilitas serupa.

Jika anda sudah menginstal aplikasi QR Code reader seperti lynkee, maka coba anda arahkan kamera HP anda dengan aplikasi tersebut pada gambar QR Code diatas. Apakah isinya?? yup, itu alamat blog saya. Dan jika anda arahkan ke gambar QR Code pada profile saya di blog, maka akan muncul data pribadi saya.

OK, sekian dulu tulisan saya, selamat mencoba... oh ya, nokia juga menyediakan. silahkan dikunjungi di http://mobilecodes.nokia.com/scan.htm. Ckup lengkap. pilih tipe code yang akan di scan.

:-)


Tidak ada komentar:

5 posting terbaru