Senin, 28 Februari 2011

ether2 mati...

bismillah, 

Kali ini sekedar menulis tentang matinya internet dikantor (qitep in mathematics) sejak ahad dini hari. 

Hari sabtu siang sekitar jam 14 ditelp sama akh Fath untuk dimintai tolong download iso debian 5.07 DVD. setelah mencari cari ketemulah di http://sulawesi.idrepo.or.id/debian-cd/5.0.7/i386/iso-dvd/. Dan jam 15 mulai download dari server kantor. lumayan lah kecepatannya. download 4,3 Gb dengan kecepatan 1,05 Mbps.

Sekitar jam 2 pagi mau ngecek md5sum hasil download malah koneksi ke server kantor error. padahal ping ke IP beres alias tidak bermasalah. Baru ingat kalau IP public yang ke router kantor melalui router lain di PPPPTK Matematika. Ya tentu saja ping ke IP public dapat balasan, yang rusak kan bukan router yang langsung dapat IP public. Saya sih cuma berfikir, ah mungkin listrik mati. Ya sudah lah besok saja kalau sudah di kantor lagi. 

Senin pagi jam 8.30an ada sms masuk ke HP saat saya kuliah. "mas, internet kantor (qitep) mati semua". Ya sudah, saya telp ja yang sms suruh telpon admin PPPPTK Matematika. Saya pun coba menelpon admin tersebut. 2 nomer HPnya mati semua. Ya sudah, saya biarkan saja internet mati sampai saya ke kantor. 

Jam 10.05 saya sampai kantor. tret tetet.... beraksi.... (lebay). 
  1. login di router trus cek IP Neighbour. hasilnya gak ada yang tampak. jelas bermasalah dengan ether2. 
  2. buka ruang server lihat LAN Card. signal lampu tidak beres. beberapa kedipan, trus mati lagi (berulang).
  3. lari ke gedung induk PPPPTK Matematika untuk lihat ujung kabel dari ether2. dan ternyata LAN Card Mati tanpa kedipan lampu sama sekali.
  4. coba dengan LAN Card baru (karena tester kabel ntah kemana akhirnya diputuskan ganti LAN Card dulu) dan ternyata tidak berhasil. (ini keputusan yang salah).
  5. setelah cek sana sini belum ketemu, akhirnya inisiatif pinjam LAN tester ke MTIK PPPPTK Matematika.
  6. cek ujung kabel dan ketemulah masalahnya. LAN Card no 2 di router qitep yang bermasalah karena hanya kabel no 2,3, dan 7 yang nyala.
  7. coba ganti LAN Card. dan belum nyala. tetap hanya kabel no 2,3, dan 7 yang nyala. 
  8. akhirnya kuputuskan memindah ether2 ke ether3 (untuk hotspot). hotspot mati, IP ether3 diganti dengan IP ether2. working...... tapi ya sekali lagi, hotspot mati. biarin saja lah, toh peserta diklat belum ada. hehe..

Mungkin itu dulu tulisan saya saat ini. dokumentasi ini saya tulis berdasar saran dari mas Yuan

Tidak ada komentar:

5 posting terbaru