Selasa, 20 Juli 2010

Review atau Keluhan Idwebhost

Bismillah,

Tulisan ini sekedar menuangkan kekesalan saya sebagai salah satu pelanggan di IDwebhost untuk website kantor setelah bertanya pada customer service tidak mendapat solusi yang diharapkan.

Pada tanggal 20 Juli 2010 saat saya akan mengakses web kantor ternyata down. Saya coba beberapa kali masih tetep down. Waktu itu saya akan me-manage email temen-temen kantor yang berada dibawah domain qitepinmath.org dan teman saya yang satunya juga akan memakai untuk mengelola web tersebut. Tapi ternyata down. Saya tanyakan ke cutomer servicenya. Setelah agak lama menunggu datanglah balasan. Dan ternyata website sudah bisa diakses tapi lambat banget...

Berikut ini cuplikan obrolan saya dengan Customer Servicenya yang memperkenalkan dirinya bernama Fahmi yang saya rasa jawabannya kok aneh:

mr_kodok_ijo: Assalamu'alaykum
mr_kodok_ijo: server down kah??
BUZZ!!!
mr_kodok_ijo: qitepinmath.org kok mati
idbilling5: selamat siang dengan fahmi ada yang bisa kami bantu
mr_kodok_ijo: qitepinmath.org kok mati
BUZZ!!!
idbilling5: baik kami cek terlebih adhulu mohon ditunggu
idbilling5: kami cek dari sini bisa diakses
mr_kodok_ijo: iya sekarang dah bisa
mr_kodok_ijo: tadi mati
mr_kodok_ijo: lambat aksesnya
idbilling5: apakah masih ada yang bisa kami bantu?
mr_kodok_ijo: lambat aksesnya
idbilling5: jika menginginkan untuk pindah server yang lain bisa dilakukan dengan request ke support@idwebhost.com
idbilling5: apakah masih ada yang bisa kami bantu7
idbilling5: ?
mr_kodok_ijo: untuk sementara gk. tapi sayangnya saran yang tadi dikasih aneh. seharusnya IDwebhost memperbaiki servernya. bukan malah menyarankan kami pindah.
idbilling5: maksud saya jika bapak menghendaki untuk bisa akses lebih baik atau lebih stabil maka harus menggunakan server yang lain yang lebih baik/stabil
idbilling5: untuk proses pindah server yang lebih stabil bapak bisa request ke support@idwebhost.com
idbilling5: untuk proses tersebut tidak dikenai biaya
idbilling5: jika masih ada yang ditanyakan silahkan menghubungi kami kembali
mr_kodok_ijo: tidak, terimakasih
idbilling5: terimakasih kembali
idbilling5: terimakasih telah menghubungi idwebhost, selamat siang
mr_kodok_ijo: oh ya, sekedar saran, kalau sudah tahu server tersebut gak stabil ya jangan dijual ke pelanggan. tu aja
idbilling5: terimakasih atas sarannya, untuk sekedar informasi server diidwebhost menggunakan server lokal dan server USA.

Itulah cuplikan percakapan saya dengan Csnya IDwebhost.

  1. kenapa dia malah menyarankan pindah server, bukankah seharusnya pihak IDwebhost memperbaikinya?? Ibarat saya pelanggan perumahan, mengeluh rumah saya bermasalah pada pengembang, malah dikasih saran untuk pindah rumah. Bukankah seharusnya rumah saya diperbaiki??
  2. kalau sudah tahu server tersebut tidak stabil, kenapa dijual ke pelanggan??
Mungkin dari yang baca tulisan ini sempet bertanya, apa gak karena koneksi kantor saya yang lemot?? Jawabnya adalah tidak. Karena saya sudah coba buka website-website yang cukup besar seperti detik.com, youtube.com, dan lainnya untuk memastikan koneksi kantor baik-baik saja. Dan hasilnya lancar bahkan saya bilang kencang aksesnya. Berarti masalahnya bukan pada koneksi kantor.

Yang cukup bikin saya kesal ya karena dua point diatas. Sampe temen saya yang juga mengelola web kantor bilang “walaaahhh piye to niat dodolan po ora” (walaaahhh gimana sih niat jualan apa tidak) saat saya kasih cuplikan jawaban dari IDwebhost.

Ya udah lah, saya yang musti banyak belajar lagi untuk sabar dan syukur. Smoga itu bisa jadi masukan buat yang lain saat mencari web hosting atau bagi pemilik web hosting.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

wah klo adminnya baca ini posting bisa rame niy...xixixixi

ekonugroho mengatakan...

em... adminnya gak bakal baca. ngurusi servernya aja gak sempet gitu kok... hehehe...

Unknown mengatakan...

Kalo saya seh ga menyalah idwebhost ataupun servernya.. namanya juga share hosting (kecuali VPS) yang pake banyak dan penggunaan resource dari masing-masing client sendiri beda-beda..

Coba aja di ping atau di tracert domainnya, mungkin saja koneksinya nyangkut di pohon toge mana sampai ke servernya :D

IDwebhost mengatakan...

terima kasih atas masukan Anda untuk IDwebhost, untuk shared hosting memang bila ada salah satu account pelanggan kami yang memberatkan server, memang akan berdampak ke semua palanggan kami dalam server yang sama, berbeda dengan vps yg khusus untuk satu account pelanggan. Kami akan selalu memantau server kami dan penyebab2 gangguan server, terima kasih telah menghubungi kami untuk menginformasikan masalah tersebut.
(Hanafi - IDwebhost)

ailia mengatakan...

hmhm masalah seperti ini emg ngeselin ya, dulu juga saya pernah gitu mas, tapi skg saya pindah ke http://jaringanhosting.com/ lumayan baik2 aja smp saat ini :) blogwalking ya salam kenal...

5 posting terbaru