Jumat, 22 Oktober 2010

Hobi Baru

bismillah

fuih... memang eko ni gak produktif... posting berapa tahun sekali. hehehe...

ntah karna lagi butuh hiburan atau kenapa (padahal kerjaan masih ada) saat ini saya punya hobi baru. hobi yang mungkin bagi sebagian orang dibilang kurang kerjaan. bagi saya ini hiburan. hobi baru saya tersebut adalah bermain paper craft

hobi ini bermula dari temen sekerja yang mainan paper craft (bikin hiu bernama Bruce). saya tertarik melihatnya dan.... akhirnya mencari2 tentang seni kertas tersebut. dahulu sih dah pernah lihat di sunmor UGM. ada yang jualan. tapi gak tertarik waktu itu. namun setelah temen saya tersebut bikin kok jadi tertarik. lagi butuh hiburan mungkin ya??

saya cari2 dengan bertanya ke simbah google dan akhirnya menemukan disini. web tersebut adalah web berbahasa jepang. kemudian karna saya tertarik dengan pesawat tempur akhirnya deh bikin F-15 seperti gambar dibawah ini:



untuk membuatnya diperlukan kertas yang sudah tercetak polanya (dapat diambil di http://www.saturn.dti.ne.jp/~eastern/pcraft/f15j.pdf), kemudian gunting, lem, penggaris, dan mungkin pensil juga diperlukan.

untuk manual pembuatannya dapat diambil di http://www.saturn.dti.ne.jp/~eastern/pcraft/f15j_inst.pdf.

setelah 2 hari mengerjakan (gak full karna cuma sambilan) akhirnya hampir jadi. namun terjadi kegagalan saat pembuatan bagian ekor pesawat. ada kesalahan pemasangan karna keliru membaca manual. akhirnya saya putuskan untuk menghentikan proyek F-15 saya dan akan mengulanginya lain waktu.

ini adalah hasil saya merangkai gambar pesawat F-15 (mainan).


pada bagian yang saya lingkari merah itulah tempat terjadinya kesalahan pemasangan. terlanjur lem merakat kuat jadinya kalau dilepas akan rusak. :-(

sekian dulu postingan saya saat ini. ini link yang lebih banyak pilihan paper craft http://cp.c-ij.com/en/contents/1006/

6 komentar:

Fathoni mengatakan...

Woh, udah mulai brganti profesi tho? Dari kans sbg "programmer" ke bisnis miniatur model pesawat? Hihihi...

Gpp bro, kita bs melihat peluangnya khan; diseriusin aja, toh klo pinter bagi sumber daya kn ga ganggu aktifitas utama. Hobi itu ga brarti ia slalu harus jd kerja utama kita. Tentunya klo smua mo ditekel sendiri ya berat. Klo antum suka bikin, ya antum yg bikn, lalu lempar ke org lain utk "post processing" (baca: dijual).

Yah, akibat sering terpepet dlm sikon "BU" bkin daku jadi gini: dikit2 klo lihat ssuatu mikirnya "bs dijadiin duit gak ya". Beda bgt keknya ama diriku yg dulu... *Loh koq jadi curcol sih? Haha, ra sah dirungokke!*

ekonugroho mengatakan...

bismillah

bukan berganti profesi (lha wong dari dulu gak jelas profesinya kok bisa ganti profesi).

kalau saya sih gak kepikir jual. gak da yang mau beli lah... kan cuma dari kertas. cuma buat hobi aja lah...

casmadi mengatakan...

Nice Hobby, aku kyaknya tertarik juga nih.... :D, coba ahhhhh

blame mengatakan...

aku dah lama pengen bikin itu ko... dah 2 thn yg lalu..
tapi bingung pake kertas apa? dan belinya dmn? kasih tau dong...

ekonugroho mengatakan...

@ blame

saya cuma print dengan kertas HVS 100 gram. kalau 70 gram ketipisan jadi kurang kokoh. gampang penyok. tapi semakin besar yang akan dibuat akan lebih baik pake kertas yang lebih tebal.

Devid mengatakan...

hweeee ajarin mas eko........

5 posting terbaru