Rabu, 20 Mei 2009

Si Kecil yang Besar

Bismillah

sudah lama juga ternyata nggak ngisi blog ini. Kali ini saya hanya akan menulis sedikit mengenai flashdisk kecil yang belum lama ini saya beli. Biasanya saya menyimpannya didompet.


seukuran 1 ruas jari telujuk lebih sedikit



Dari gambar diatas dapat dibayangkan seberapa kecil ukuran flashdisk tersebut. Tadinya saat saya akan membelinya sempet terfikirkan resiko yang ada. Seperti perlindungannya yang kurang. Nanti kalau kena air bagaimana? Tapi ternyata saat saya baca, flashdisk tersebut tahan air. Belum dicoba sih... tapi dilihat dari penampilannya yang rapat insyaAllah memang tahan air.


tempat biasanya saya menaruh flashdisk

Kemudian mengenai kapasitasnya adalah 4 GB. Bahkan ada yang 8 GB. Dengan ukuran yang sekecil itu dan kapasitas hingga 4 GB bahkan 8 GB untuk saat ini adalah sangat menakjubkan. Ntah perkembangan kedepannya akan sampai kapasitas berapa GB. Saya masih menyimpan dirumah sebuah hard disk dengan kapasitas 6 GB yang tentu saja ukurannya berkali-kali lipat dari ukuran flashdisk tersebut. Perbandingan yang sangat mencolok antara teknologi jaman dahulu dengan sekarang.

Untuk kecepatan write bisa dibilang cukup cepat. Kalau di brosur toko tempat saya beli kalau tidak salah dituliskan hingga 13MBps. Akan tetapi, saat saya coba mengcopy file berukuran 362 MB selesai dalam waktu kurang lebih 45 detik. Berarti kecepatan writenya sekitar 8 Mbps.

Soal harga dalam hal teknologi bisa dibilang “ono rego ono rupo” atau bisa diartikan ada harga ada kualitas. Harga flashdisk pada gambar tersebut dengan kapasitas 4 GB adalah 175.000 rupiah.

Kelemahan model flashdisk ini adalah susah terpasang dengan baik bila port USB pada komputer telah longgar. Harus dipegangi atau diganjal biar bisa tetap terkoneksi. Dan jangan lupa memasangnya jangan terbalik. Efeknya ya cuma nggak kebaca aja.

Mungkin itu dulu review sekilas mengenai sikecil yang besar.

Tidak ada komentar:

5 posting terbaru