Jumat, 04 April 2008

Cara Mengedit Game Fortune

Fortune adalah salah satu game yang ada pada Linux. Apabila kita pengguna distro yang masih menggunakan console saat login, maka kita akan menemukan kata-kata semacam quote dari berbagai sumber yang akan ditampilkan secara random pada saat berhasil login ke salah satu user. contohnya adalah sebagai berikut:

Welcome to Linux 2.6.21.5-smp (tty1)

konoha login: tamu
password:
Linux 2.6.21.5-smp.
Last login: Thu Mar 27 06:27:23 +0700 2008 on tty1.
No mail.

Don't drink when you drive -- you might hit a bump and spill it.

tamu@konoha:~$

kata kata mutiara atau bisa dikatakan quote yang tampil pada saat login menggunakan console tersebut (Don't drink when you drive -- you might hit a bump and spill it.) dijalankan oleh fortune. file dari kumpulan kata-kata tersebut berada di /usr/share/games/fortunes/ tempat dimana kita bisa mengubahnya sesuai keinginan kita. bisa dipastikan pada directory tersebut terdapat dua file dengan nama yang sama namun berbeda jenis filenya. yang satu berbentuk teks dan yang satu berbentuk dat. kita bisa membaca kumpulan dari quote yang ditampilkan secara random setiap kali kita login pada file yang berbentuk teks. tinggal gunakan salah satu teks editor saja semisal "vim startrek" maka kita akan melihat sekumpulan kata-kata dari startrek.

nah sekarang bagaimana jika kita menginginkan untuk menggantinya dengan kata-kata yang sesuai keinginan kita. semisal saya menginginkan untuk menggantinya dengan kalimat yang diambil dari ayat-ayat Al-Qur'an maupun Al-Hadist. berikut ini langkah-langkahnya yang dapat saya bilang sangat simple.

1. buat file baru dalam bentuk teks dengan menggunakan salah satu teks editor. jangan lupa login sebagai root terlebih dahulu.

tamu@konoha:~$ su -
password:

Speak softly and own a big, mean Doberman.
-- Dave Millman

root@konoha:~# cd /usr/share/games/fortunes/
root@konoha:/usr/share/games/fortunes/ vim file_baru

maka kemudian akan terbuka sebuah lembar editor vim kosong bernama "file_baru". kemudian isi dengan kalimat yang anda kehendaki. sebagai contoh dapat kita lihat seperti dibawah ini

Laayukallifullahunafsanillawus'ahaa.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

--penggalan surah Al-Baqarah ayat 286.

%

Barang siapa yang menyeru kepada petunjuk maka baginya pahala semisal pahala orang yang mengikuti petunjuk tersebut tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, dan barang siapa yang menyeru kepada kesesatan maka baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun dari dosa mereka.

HR. Imam Muslim

%

"semua umatku akan masuk jannah (surga) kecuali orang yang enggan". maka para shahabat bertanya kepada beliau: "siapakah orang yang enggan itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Barang siapa yang taat kepadaku maka ia akan masuk jannah dan barang siapa yang bermaksiat (tidak mau taat) kepadaku maka sungguh ia telah enggan".

HR. Imam Al-Bukhari

setiap kalimat yang berbeda dipisahkan dengan tanda percent “%”. setelah selesai maka simpan lalu keluar dari vim.

2. langkah selanjutnya adalah membuat file baru yang berekstensi dat. Caranya adalah dengan memberikan perintah “strfile file_baru”. Maka setelah berhasil akan tercipta sebuah file dengan nama “file_baru.dat”.

3. kemudian edit file dengan teks editor pada file “/etc/profile.d/bsd-games-login-fortune.sh” menjadi seperti yang tertampil dibawah ini:

#!/bin/sh
# Print a fortune cookie for interactive shells:
if [[ $- = *i* ]]; then
echo
fortune file_baru
echo
fi

kemudian simpan dan keluar dari teks editor.

4. selesai...

sekarang kita coba hasilnya. Kita logout kemudian login kembali. Maka jika berhasil pesan yang tertampil adalah salah satu dari kata-kata yang telah kita masukkan ke dalam file “file_baru” yang telah kita buat tadi.

Bagaimana? Mudah kan? Semoga sedikit artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya pribadi. cara tersebut diatas adalah salah satu cara bagi saya untuk mengingatkan dan menghafal ayat ayat Al-Qur'an dan juga Al-Hadist.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/software/cara_mengedit_game_fortune/

hermawan mengatakan...

Assalamu'alaikum..
hu'uh bagus artikelnya ni, mas Eko?
kalo gini kan.. maen game ttp bisa manfaat :D.. loh???
btw boleh donk kalo saya ntar kpn2 nanya about linux, baru pengen blajar.
Ada blog di Multiply jg ga mas?
Salam kenal ya..
Wassalam

5 posting terbaru